SEKILAS INFO
: - Jumat, 02-12-2022
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Field Trip Kelas 7 ke Fresko Organic Farm

Pada tanggal 2 Maret 2022,  SMPIT Ibnu Sina Makassar melakukan kegiatan field trip ke Fresko Organic Farm yang terletak di Patallassang, Kab. Gowa. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas tujuh yang berjumlah 22 orang . Kegiatan field trip merupakan agenda rutin dilaksanakan SMPIT Ibnu Sina Makassar setiap semester dan selalu menjadi momen seru belajar di luar kelas bagi siswa karna memberikan pengalaman belajar yang baru, nyata dan sangat menyenangkan. siswa belajar bereksplorasi dan menemukan sesuatu hal yang baru dari kegiatan ini. Agenda kegiataan field trip ini dilakukan secara berkelompok, siswa kelas tujuh dibagi menjadi tiga kelompok , satu kelompok terdiri dari tujuh orang dan masing-masing kelompok didampingi satu pemateri.

Di sana, siswa diajak berkeliling kebun organik sambil pemateri menerangkan di setiap kelompoknya, Selama kegiatan berlangsung siswa mendengarkan penjelasan pemateri tentang organic dan aktif bertanya. Pertama, siswa menyimak penjelasan mengenai jenis tanaman sayur-sayuran organik mulai dari bayam brazil, sawi, selada, pakcoy, kale, labu dsb. Siswa juga diajak ke ruang penyimpanan untuk melihat benih tanaman sayuran. Kemudian dijelaskan juga kepada siswa dalam hal ini, Allah SWT sang pencipta telah menyediakan berbagai fasilitas yang melimpah untuk menanam sayur-sayuran, pohon dll karna penting bagi kehidupan.

Agenda selanjutnya siswa diajak melihat pengolahan sampah organic dengan budidaya maggot dan pupuk. Bagian yang paling menarik, siswa antusias dan penasaran mau memegang maggot secara bergiliran tanpa rasa takut maupun geli. Tujuan budidaya maggot ada dua keperluan, pertama mengatasi masalah sampah organic dan kedua pemenuhan kebutuhan pakan ternak dan pupuk tanaman. Setelah itu, siswa bergantian melakukan feeding ayam dan kelinci, artinya siswa secara langsung memberi makan ayam dan kelinci . kegiatan selanjutnya siswa mengenal jenis bunga dan memahami tujuan bunga ditanam dekat sayur, ternyata agar mengundang serangga predator untuk memakan atau membunuh serangga hama nantinya. Terakhir sebagai bentuk evaluasi siswa, apakah siswa sudah memahami penjelasan dari pemateri, maka dari itu diadakan kuis. Alhamdulillah siswa antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Kemudian siswa yang berhasil mengumpulkan banyak poin  diberi sayur organik dibawa pulang untuk diolah dan dikonsumsi di rumah.

Kegiatan fieldtrip ini alhamdulillah terlaksana dengan baik , ditengah cuaca yang tidak bersahabat, tidak mengurangi semangat siswa belajar “seru bu fieldtrip, bagus juga menjelaskan kakak pemateri, tidak sabar fieldtrip selanjutnya” komentar siswa. Dengan adanya kegiatan fieldtrip ini juga, diharapkan siswa memahami pentingnya menanam untuk kehidupan serta membiasakan mengkonsumsi  sayur organic karna aman untuk kesehatan. Selain itu, Pengalaman belajar langsung di kebun organic merupakan pembelajaran yang bermakna. Pengetahuan, wawasan dan motivasi siswa terbangun.

TINGGALKAN KOMENTAR