SEKILAS INFO
: - Sabtu, 20-04-2024
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Pesantren Ramadhan 1443 H

Alhamdulillah telah terlaksana salah satu program kegiatan siswa dibulan Ramadhan, yaitu kegiatan Pesantren Ramadhan yang dirangkaian dengan Festival Ramadhan dan Buka puasa Ramadhan.

Pesantren Ramadhan SMPIT Ibnu Sina Makassar dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 5 – 7 April 2022. Dalam kegiatan pesantren tersebut siswa dibekali materi-materi yang bisa memotivasi untuk lebih meningkatkan ibadah kepada Allah SWT terutama dibulan suci Ramadhan ini dan materi- materi yang tentang bagaimana cara beribadah yang baik, katagori baik disini adalahsesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Disamping itu juga siswa melakukan murajaah hafalan untuk memperkuat Hafalan dan lebih dekat dengan Al-Quran. Karena untuk mendapatkan kemulaian dari Al-Quran yaitu dengan cara belajar Al-Quran dan mengajarkannya.

Setelah pelaksanaan pesantren Ramadhan, kegiatan dilanjutkan dengan festival Ramadhan yang yang didalamnya terdiri atas 3 jenis lomba, yaitu lomba Adzan, Da’i dan Lombah tahfidz Al-Quran 2 Juz (Juz 29 dan 30). Kegiatan lomba ini dilaksanakan bukan untuk menunjukkan siapa yang paling terbaik, tapi untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa, keberanian untuk tampil dan belajar berkompetisi.

Terakhir kegiatan ditutup dengan buka puasa Bersama antara para pendidik dengan siswa-siswi SMPIT Ibnu Sina Makassar. Dalam kegiatan buka puasa diawali dengan kegiatan-kegiatan ibadah lainnya seperti Sholat Ashar berjamaah, Dzikir Petang, murajaah untuk lebih menguatkan Kembali hafalan dan melanjutkan tilawah dari siswa siswi masing-masing serta materi taujih yang disampaikan oleh ustadz Syahid terkait amalan-amalan yang dilakukan sebelum berbuka puasa dan pada saat berbuka puasa dan setalah berbuka puasa dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah.

TINGGALKAN KOMENTAR