SEKILAS INFO
: - Jumat, 02-12-2022
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Bertamasya dan Observasi Berbagai Satwa dan Hewan di Bontomarannu Education Park

Alhamduillah, Senin, 7 November 2022, Siswa kelas 7 Fullday dan Boarding SMPIT Ibnu Sina Makassar melaksanakan kunjungan belajar (fieldtrip) ke Bontomarannu Education Park. Kebun Binatang yang terletak di kabupaten Gowa dan sekitarnya merupakan taman wisata yang paling lengkap jenis-jenis binatangnya di Sulawesi Selatan dan menjadi andalan bagi masyarakat Gowa pada khususnya dan masyarakat Makassar pada umumnya.

Tempatnya berada pada lingkungan konservasi, dari tampak pintu gerbang sangat dominan dengan pepohonan yang rindang. Setiap pengunjung Bontomarannu Education Park akan didampingi oleh pemandu kebun binatang demi menghindari hal-hal yang tidak didinginkan untuk menjaga keselamatan semua pengunjung. Sebelum melakukan observasi lapangan Siswa kelas 7 Fullday dan Boarding SMPIT Ibnu Sina Makassar diberikan arahan dan tata tertib terkait hal yang bias dan tidak bias mereka lakukan selama berkeliling di kebun binatang.

Setiap pengunjung Bontomarannu Education Park akan didampingi oleh pemandu kebun binatang demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk menjaga keselamatan semua pengunjung. Salah satu binatang yang mendapat banyak perhatian dari pengunjung yakni burung merak, karena burung ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan burung lainnya, karena burung ini bila mengembangkan sayapnya akan terlihat sangat indah sehingga semua pengunjung takjub melihat keunikan yang merupakan ciptaan Allah. Maha suci Allah pencipta Alam semesta beserta seluruh mahluknya.

Para pengunjung termasuk peserta didik dari Siswa kelas 7 Fullday dan Boarding SMPIT Ibnu Sina Makassar terlihat asyik mengamati bermacam-macam binatang, ada binatang yang berkaki empat, ada binatang bertanduk, ada binatang bersayap dan ada juga binatang merayap. Semua berada pada tempat yang sesuai dengan jenisnya. BinatangĀ  adalah kelompok organisme yang dikalsifikasikan dalam kerajaan animalia atau metazoa, adalah salah satu dari berbagai mahluk hidup di bumi. DiĀ  sisi lain, ada kolam ikan dan kandang rusa yang begitu luas. Tidak jauh dari kolam ikan terdapat juga kandang monyet putih yang gesit dan cerdik. Di belakang kandang rusa, barulah kita akan menemukan hewan-hewan unik, mulai dari kasuari, buaya, anoa, binturong, iguana, dan aneka jenis kera dan monyet yang lumayan agresif.

Ibu guru dan pendamping selaku penanggungjawab kegiatan menjalankan tugasnya dengan bertanyajawab serta menanyakan nama binantang dan ciri khasnya tersebut kepada anak didik atau sebaliknya, maka terjadilah peroses pembelajaran sesuai dengan puncak tema yang direncanakan. Setelah berkeliling melihat semua jenis binatang yang ada di kebun binatang maka dapat disimpulkan bahwa kelebihan mengajarkan tema binatang yakni dengan mudah peserta didik membedakan jenis-jenis binatang termasuk binatang yang bisa terbang karena guru mengenalkan anak terhadap binatang aslinya dan bukan gambar.

Jazakumullahu khairan

TINGGALKAN KOMENTAR