SEKILAS INFO
: - Jumat, 02-12-2022
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Fieldtrip ke BRPBAPPP atau BALITKANTA

Senin, 08 November 2022, siswa/siswi SMPIT Ibnu Sina Makassar kelas 9A & 9B melakukan Kunjungan Belajar (fieldtrip) ke BRPBAPPP atau BALITKANTA yang terletak di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau yang terkonsentrasi di dua tempat yaitu Kec. Turikale dan Tambak ikan bandeng, rumput laut dan udang di Desa Matirotasi Kec. Maros Baru, Kabupaten Maros. Terdiri dari beberapa jenis yaitu Udang, Ikan Bandeng, Ikan Manila dan Rumput laut.

Sebelum siswa diarahkan untuk melakukan pengamatan langsung, terlebih dahulu siswa diberikan arahan dan penjelasan singkat mengenai BRPBAPPP dan bagaimana cara Membudidayakan ikan di perairan dengan perpaduan air tawar dan air laut secara alami di daerah muara sungai, dan di perairan yang juga banyak berbagai jenis ikan yang hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Siswa kelas 9 yang melakukan kunjungan belajar sangat antusias dalam mengikuti arahan dan penjelasan dari setiap tempat yang diamati yang dijelaskan langsung oleh bapak Andi Bahtiar selaku Sub Kordinator Pelayanan Tekhnis/humas dari pihak BRPBAPPP. Ditempat pengamatan pertama, siswa diarahkan untuk melihat langsung Budidaya Ikan manila yang dipadukan dengan tanaman padi dan air tawar. Disini siswa diberikan penjelasan terkait fungsi dan manfaat ikan manila dan padi tersebut serta siswa di arahkan memberi makan langsung ikan – ikan yang ada di kolam tersebut. Siswa sangat antusias memahami penjelasan bapak Andi Bahtiar dan sesekali mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi dan lembar kerja yang telah diberikan.

Ditempat selanjutnya, siswa diarahkan meligat langsung tambak Ikan Bandeng, Udang dan Rumput Laut yang ada di lokasi ke dua di Desa Matirotasi Kec. Maros Baru. Disana siswa terlebih dahulu diberikan arahan oleh pihak BRPBAPPP. Setelah itu siswa diarahkan melihat langsung tambak ikan bandeng, udang dan rumput laut dan lengsung mendapatkan penjelasan dari pihak BRPBAPPP. Siswa sangat antusias memahami penjelasan dan sesekali mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi dan lembar kerja yang telah diberikan, akhirnya tujuan kunjungan belajar ini dapat terlaksana dengan baik yaitu dapat mengetahui bagaimana cara membudidayakan biota laut dengan air payau dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Syukran
Jazakumullah Khairan Katsira

1 komentar

Ansar, Rabu, 9 Nov 2022

Masya Allah

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR