SEKILAS INFO
: - Senin, 17-06-2024
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Kemah Ukhuwah dan Outbond 2023: One Heart, One Mind, One Goal

Makassar – SIT Ibnu Sina Makassar kembali melaksanakan kegiatan Kemah Ukhuwah yang dirangkaikan dengan Outbond. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, yakni Selasa 28 Februari sampai dengan Kamis, 2 Maret 2023 yang bertempat di Taman Prasejarah Sumpang Bita, Kelurahan Balocci, Kabupaten Pangkep. Tempat yang terkenal dengan sebutan seribu anak tangga ini mampu membawa pengalaman tersendiri bagi peserta kemah ukhuwah dan outbond tahun ini.

Kemah ukhuwah kali ini mengusung tema “One Heart, One Mind, One Goal”. Tema ini dipilih sebagai upaya untuk terus meningkatkan, mengembangkan, dan menyatukan hati, tujuan agar dapat membentuk suatu pemikiran yang berukhuwah islamiah.

Kemah ukhuwah merupakan kegiatan pramuka SIT yang edukatif dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang. Kemah ukhuwah merupakan agenda rutin tahunan yang di selenggarakan oleh SMPIT Ibnu Sina. Kemah ukhuwah ini mengikut sertakan siswa kelas 7 hingga kelas 9 yang berjumlah kurang lebih 61 orang.

Kegiatan kemah ukhuwah ini dibuka oleh Ustad Muh Imam Bima Sakti, S.H. selaku pembina upacara dan dihadiri pula oleh kepala Unit SMP, Pembina Pramuka SIT Ibnu Sina Makassar, serta para ustadz dan ustadzah pendamping masing-masing regu dan sangga. Dalam sambutannya, Ust. Imam menekankan pentingnya kegiatan Pramuka untuk kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tujuan Gerakan Pramuka adalah membentuk setiap anggota pramuka memiliki kepribadian, keiimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, jiwa patriotis, taat pada hukum, disiplin, serta menjunjung tinggi nilai luhur-luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun NKRI,” ujarnya pada saat menyampaikan amanat upacara pembukaan Kemah ukhuwah.

Pada perkemahan ukhuwah ini para siswa diajak untuk berukhuwah agar menumbuhkembangkan persaudaraan antar sesama umat muslim agar persaudaraan ini menjadi tidak asing. Kemah ukhuwah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan,dan keterampilan. Selain itu juga bertujuan agar peserta kemah memiliki komitmen terhadap penghayatan serta pengamalan kode kehormatan Pramuka, yakni Satya Pramuka dan Darma pramuka.

Beberapa agenda yang di laksanakan yakni perlombaan Masak Rimba, Games Scouting, Kemampuan Indra Manusia, Materi Wawasan oleh Ketua Yayasan Amal Jariyah Ibnu Sina Makassar, Pensi, Outbound dan agenda terakhir yang dilaksanakan adalah Sayonara sebagai penutupan.

Setelah melaksanakan kegiatan kemah ukhuwah ini para peserta diharapkan semoga setelah mengikuti perkemahan ini membuat peserta dapat meningkatkan rasa persaudaraan jiwa persatuan kesatuan ,meningkatkan kemandirian, dan meningkatkan pengetahuan, jiwa kemandirian kepemimpinan serta kepercayaan diri.

Insya Allah kita bertemu di Kemah Ukhuwah & Outbound selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR