SEKILAS INFO
: - Senin, 17-06-2024
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Kunjungan Belajar SMPIT Ibnu Sina Makassar ke Balai Besar Rehabilitiasi Badan Narkotika Nasional (BNN)

Makassar- Selasa, 7 Maret 2023, Siswa SMPIT Ibnu Sina Makassar  mengadakan kunjungan belajar ke Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN, Kec. Baddoka). Kegiatan ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh SMPIT  Ibnu Sina Makassar.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan dan edukasi sedari dini bagi siswa dan siswi terkait bahaya dan dampak dari penggunaan dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Jumlah siswa yang ikut pada kesempatan kunjungan belajar ini adalah 81 siswa serta 7 guru pendamping. Pada kesempatan ini, Pak Umar selaku guru pendamping berpesan agar para siswa  bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin karena hal ini sangat berguna untuk bisa mengetahui lebih jauh terkait bahaya penyalahgunaan Narkoba dan upaya terapi yang diberikan di Balai Besar Rehabilitasi BNN.

Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) adalah sebuah tempat yang dikhususkan untuk merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba di Indonesia dengan menggunakan system one stop centre(pelayanan satu atap) yang terdiri dari pelayanan rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial dalam satu atap dan tempat ini merupakan pusat rujukan nasional untuk pelaksanaan Rehabilitasi  bagi penyalah guna dan atau pecandu narkoba, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya, memfasilitasi pengkajian dan pengembangan rehabilitasi, serta memberikan bantuan informasi dalam rangka pemutusan jaringan peredaran gelap narkoba.

Dalam kesempatan ini peserta kunjungan belajar diterima oleh dr. Hatta – selaku psikolog Rehabilitas Medis dan jajaran lainnya (Balai Besar Rehabiltasi BNN, Baddoka). Pada pemaparannya, dr. Hatta  menyampaikan tentang narkotika secara umum, penggolongan narkotika, dan zat-zat aditif lainnya serta prinsip dasar adiksi kenapa orang bisa menjadi pencandu narkoba, bahwa yang disasar oleh Narkoba adalah Otak (pada sistem sel saraf) yaitu sistem yang mengatur seluruh organ tubuh manusia.

Pencegahan yang dapat dilakukan agar anak-anak muda tidak terjerumus kedalam narkoba diantaranya seperti memberikan keterampilan bagi anak muda baik keterampilan soft skill maupun hard skill. Selain itu juga, individu dapat meningkatkan spiritualitas yang dimiliki, memasuki lingkungan pertememanan yang positif, melakukan kegiatan prososial serta melakukan kelekatan pada keluarga. Namun untuk membantu individu yang telah ketergantungan kepada narkoba, maka dapat dilakukan kegiatan rehabilitasi, salah satunya pada Balai Besar Rehabilitas BNN Lido. Alur kegitan rehabilitasu terdapat 5 tahap yaitu, (1) Screening, (2) Assesmen, (3) Rehabilitasi, (4) Terminasi, dan (5) Pasca Rehabilitasi. Pada rehabilitasi sendiri terdapat 2 bentuk yaitu rehabilitasi rawat jalan dan rawat inap jangka pendek/panjang.

Acara kunjungan ini di akhiri oleh  sesi taya jawab/diskusi. Dari paparan yang disampaikan banyak sekali pembelajaran yang didapat dan tentunya menambah kesadaran diri bagi para siswa untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba, karena bahaya atau resiko yang didapat begitu besar.

Semoga dengan kunjungan ini siswa SMPIT Ibnu Sina Makassar bisa lebih semangat lagi  dalam  menciptakan kondisi lingkungan bebas dari penyalahgunaan Narkoba.

Jazakumullahu khair

TINGGALKAN KOMENTAR