SEKILAS INFO
: - Selasa, 16-07-2024
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Pesantren Ramadhan 1444 H

Biismillahirrahmanirrahim

Puji dan Syukur atas kehadirat Allah subhanahu wata’ala, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. Sholawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada nabi besar kita yakni Baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Alhamdulillah, SMPIT Ibnu Sina Makassar telah melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H yang bertemakan: Membentuk Generasi IBSI (Islami, Berkarakter, Sholeh, dan Istiqomah). Pesantren ramadhan ini adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan secara singkat, dan dilakukan rutin di bulan ramadhan oleh SMPIT Ibnu Sina untuk memotivasi para peserta didik di lingkungan sekolah, dengan mengajarkan beberapa pelajaran penting khususnya tentang ilmu keagamaan. Kegiatan pesantren Ramadhan ini berlangsung pada tanggal 31 Maret sampai 6 April 2023. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan festival Ramadhan, yaitu kegiatan perlombaan yang bertujuan untuk mengasah ilmu pengetahuan keagamaan serta mempererat ukhuwah antar peserta didik.

Hari pertama kegiatan pesantren ramadhan, peserta didik menerima materi “Bekal Ramadhan” yang dibawakan oleh kepala sekolah SMPIT Ibnu Sina, Ustadzah Nur Asia Said, S.Pd. Adapun tujuan dari materi ini adalah untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan-pengetahuan dasar seputar puasa Ramadhan, mulai dari tata cara, syarat sah, hingga pembatal-pembatal puasa. Ditutup dengan games untuk mengukur pemahaman peserta didik mengenai materi yang telah dibawakan.

Di hari kedua dan ketiga, peserta didik menerima materi di majelis masing-masing. Peserta didik menerima materi dengan judul yang beragam, diantaranya: Amalan-amalan di bulan ramadhan, kisah-kisah Rasulullah di Bulan ramadhan, dan fenomena-fenomena di bulan ramadhan beserta konsekuensinya. Peserta didik menyimak materi yang dibawakan oleh ustad/ustadzah dengan tertib dan sangat antusias. Selain itu, untuk memberikan Apresiasi kepada siswa yang aktif selama kegiatan pesantren ramadhan, dilaksanakan evaluasi kepada peserta didik secara keseluruhan untuk menentukan satu peserta pesantren Ramadhan terbaik.

Setelah serangkaian kegiatan pesantren Ramadhan dilaksanakan, dilanjutkan dengan kegiatan festival Ramadhan. Ada empat cabang lomba yang diselenggarakan di kegiatan festival ramadhan ini, diantaranya: Lomba Adzan, lomba da’i/ceramah, lomba tahfidz juz 30, dan lomba ranking satu ramadhan. Para peserta didik mengikuti kegiatan festival Ramadhan ini dengan semangat dan antusias. Setelah melalui mekanisme penilaian yang ketat, akhirnya ditentukan predikat juara 1, 2, dan 3 di masing-masing cabang lomba. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan motivasi peserta didik agar selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah, salah satunya kegiatan festival Ramadhan ini.

Kegiatan pesantren dan festival ramadhan ini ditutup dengan kegiatan buka puasa bersama yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan peserta didik di SMPIT Ibnu Sina. Pada kesempatan tersebut, peserta didik didampingi ustad/ustadzah melaksanakan kegiatan dzikir petang, tilawah bersama, serta mendengarkan tausiyah yang dibawakan oleh Ust. Syahid Munir S.Pd yang bertemakan: Ramadhanku, Ramadhanmu, Ramadhan Berkah. Diakhiri dengan kegiatan buka puasa bersama dan shalat maghrib secara berjamaah.

Alhamdulillah, Kami mengucapkan syukran wa jazakumullahu khairan kepada ustad/ustadzah, panitia, dan semua pihak yang telah menginfaqkan materi, tenaga, dan pikiran untuk menyukseskan kegiatan ini. Semoga Allah senantiasa melipatgandakan pahala untuk kita semua, dan semoga kita diberi umur panjang agar dapat kembali melaksanakan kegiatan ini di bulan Ramadhan berikutnya. Aamiin.

TINGGALKAN KOMENTAR